Pengertian Marketplace

Kali ini saya akan Memberikan Pengertian Marketplace Terlebih dahulu, bagi anda yang belum pernah dengar atau ingin mencari informasi lebih lanjut, silakan disimak baik baik Artikel ini.

1. Definisi Marketplace

Marketplace adalah sebuah Pasar Elektronik yang melakukan Kegiatan Menjual dan Membeli suatu barang ataupun Jasa yang meliputi 3 Aspek (b2b, b2c & c2c) dimana B2B (Bisnis to Bisnis) Mendominasi sampai 75% di Marketplace.

2. Sejarah Marketplace

pada tahun 1998 Menurut Laudon & Laudon merupakan proses jual beli produk secara Elektronik oleh Konsumen, dari perusahaan ke perusahaan menggunakan Komputer sebagai Media Perantara Transaksi tersebut. pertukaran bisnis yang rutin menggunakan Media Elektronic Data Interchange (EDI), EMail, mesin faksimili, Electronic Funds Trasnfer & Bulletin boards yang berkenaan dengan transaksi belanja di Internet,Jenis-jenis Merupakan seluruh jenis Marketplace – Jasa Buat Toko Online

3.  Macam-macam E-Commerce Berdasarkan Kategorinya :

Branding-Your-Ecommerce-Business

  • Iklan Baris : Contoh dari Marketplace mulai dari yang paling sederhana adalah FJB Kaskus, Craiglist & OLX.

  • Toko Online : Toko Online adalah sebuah tempat yang berupa Website yang didalamnya terdapat Program E-Commerce yaitu Cart dimana Pembeli tidak harus menghubungi pemilik toko tersebut terlebih dahulu seperti : Lazada, Berniaga.com, Xohop.com
  • Marketplace : seperti yang telah dijelaskan di awal Artikel ini, Marketplace merupakan Puncak dari E-Commerce, Marketplace biasanya mempunyai Sistem tersendiri yang dapat mengatur ratusan bahkan Jutaan Produk yang ingin dijual maupun di beli contohnya : eBay, bukalapak.com,

 

 

      

 

Simpan

4 thoughts on “Pengertian Marketplace

Leave a comment